Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.
Pendapatan nasional merupakan seluruh pendapatan yang diterima oleh seluruh anggota masyarakat atau seluruh rumah tangga keluarga (RTK) dalam suatu negara dengan kurun waktu tertentu, biasanya dalam waktu satu tahun. Pendapatan nasional dapat juga diartikan sebagai hasil produksi nasional, yang berarti nilai hasil produksi yang dihasilkan oleh seluruh anggota masyarakat suatu negara dalam waktu tertentu, biasanya satu tahun.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional :
1. Kualitas Sumber Daya Manusia
2. Potensi Sumber Daya Alam
3. Jumlah Modal yang Digunakan
4. Tingkat Teknologi yang Digunakan
5. Keadaan Geografis dan Geologis
6. Kebijakan Pemerintah
7. Investasi

Suatu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi belum tentu dikatakan sebagai negara yang makmur, karena secara umum kemakmuran suatu negara tidak dapat dilihat hanya dari satu faktor saja, Kemakmuran bisa juga tercipta dari sumber daya alam dan energi yang melimpah. Kemakmuran itu bisa tercipta dengan mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki . Memiliki kekayaan alam yang tak ternilai baik dari kesuburan tanah, pariwisata, barang tambang, kelautan, flora & fauna sudah seharusnya digunakan untuk meningkatkan kemakmuran penduduk karena kekayaan tersebut milik masyarakat di dalamnya. Pertumbuhan ekonomi tinggi juga tidak menjamin kesejahteraan penduduknya, jika masih banyak pelaku korupsi, pelaku kriminal, pelecehan, narkoba, pendidikan yang rendah,menjual kekayaan negaranya sendiri dan masih banyak lagi , apabila suatu negara bisa mengatasi masalah-masalah tersebut maka negara tersebut dapat dikatakan sebagai negara yang makmur dan menjamin kesejahteraan penduduknya.



referensi :
https://www.jurnal.id/id/blog/2017/pengertian-dan-konsep-pendapatan-nasional
http://faiza17.blogspot.co.id/2015/05/kemakmuran-dan-kesejahteraan-suatu.html
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pertumbuhan-ekonomi-dan-faktornya.html


Komentar