ORGANISASI BISNIS

Organisasi bisnis yaitu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Contoh organisasi bisnis adalah radio. Radio disebut organisasi bisnis karena tujuan ekonominya adalah menghasilkan keuntungan melalui kegiatan penyampaian informasi dan hiburan kepada masyarakat.

Dalam bisnis organisasi itu sangat penting agar bisnis berjalan dengan lancar, karena Organisasi secara umum diketahui, merupakan alat yang digunakan dalam mencapai tujuan secara bersama. Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana sistem kerja/proses dalam berorganisasi bisnis. Di Indonesia kita mengenal berbagai macam bentuk organisasi bisnis seperti firma, perseroan terbatas (PT), CV, Dll. Pada dasarnya bisnis yang baik harusnya terorganisir dengan baik juga, agar meciptakan relasi dengan pembisnis lainnya sehingga menghasilkan profit yang baik pula. 

Masalah organisasi semakin banyak yang berhubungan dengan berkembangnya bisnis, karena Jika suatu bisnis sangat berkembang maka semakin besar dan banyaknya karyawan yang dimiliki sehingga fungsi pengawasan dan kontrol terhadap bisnis tersebut akan semakin berat untuk dilakukan.

Bentuk – Bentuk Organisai :

1.      Bentuk Organisasi Garis/Lini (Line Organization)

Yaitu Bentuk organisasi garis/lini diciptakan oleh Henry Fayol, Bentuk organisasi ini adalah suatu bentuk organisasi yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dengan bawahan. Mulai dari pimpinan tertinggi sampai jabatan-jabatan terendah.


2.     Bentuk Organisasi Lini dan Staf (Line and Staff Organization)

Yaitu kombinasi dari organisasi lini, asaz komando dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para staff, dimana staff berperan memberi masukan.




3.     Bentuk Organisasi Fungsional (Functional Organization)

Diciptakan oleh Frederick W. Taylor, Organisasi ini disusun berdasarkan sifat dan macam pekerjaan yang harus dilakukan, masalah pembagian kerja merupakan masalah yang menjadi perhatian yang sungguh-sungguh.



4.      Organisasi Lini dan Fungsional (Line and Functional Organization)

Organisasi Lini dan Fungsional adalah bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala-kepala unit di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu dan selanjutnya pimpinan tertinggi tadi masih melimpahkan wewenang kepada pejabat fungsional yang melaksanakan bidang pekerjaan operasional dan hasil tugasnya diserahkan kepada kepala unit terdahulu tanpa memandang eselon atau tingkatan.




5.       Bentuk Organisasi Komite (Committee Organizattion)

Organisasi Komite adalah suatu organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksakan secara kolektif. 




6.      Bentuk Organisai Matriks

Jenis ini seperti gabungan dari struktur divisional dan fungsional. Jadi kedua struktur tersebut saling melengkapi satu sama lain, untuk menutupi kekurangan yang ada. Jadi disini anggota di divisi proyek, juga bisa mengerjakan tugas dari divisi organisasi. Sehingga ada kepemimpinan ganda




http://web-suplemen.ut.ac.id/ekma4111/ekma4111a/organisasi_bisnis.htm
http://www.bacaanpopuler.com/2017/10/bentuk-bentuk-organisasi.html
http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2017/11/pengertian-organisasi-bisnis-dan-bentuk-bentuk-organisasi-bisnis.html




Komentar