Orientasi pasar

Orientasi Pasar yaitu  didasarkan pada suatu filosofi bahwa suatu penjualan tidak tergantung pada penjualan yang agresif, tetapi lebih pada keputusan konsumen untuk membeli produk.Orientasi pasar lebih diarahkan untuk memahami pesaing, fokus pada konsumen, koordinasi antar fungsi dalam rangka memberikan nilai yang terbaik. Contoh : 
  1. Perusahaan yang memakai orientasi pasar yaitu perusahaan Nike dan Adidas kedua perusahaan peralatan olahrga tersebut bersaing satu sama lain dengan berusaha membuat produk yang memiliki kualitas yang baik, dilihat dari penampakannya, keawetan dan kenyamanan saat pemakaian. Konsumen biasanya membeli kedua produk tersebut juga karena alas an kualitas produk yang sudah terjamin, walaupun harganya mahal.
  1. Perusahaan yang tidak memakai orientasi pasar yaitu perusahaan Nokia karena nokia kurang memperhatikan pesaing dan kurangnya inovasi-inovasi dalam mengembangkan produk baru sehingga produk nokia mulai tertinggal oleh Apple dan Samsung yang semakin canggih.


Customer Relationship Management (CRM) adalah suatu jenis management yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya. CRM cukup berperan besar dalam mengembangkan perusahaan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan itu sendiri, karena di era sekarang ini terjadi persaingan yang sangat ketat antara perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Persaingan tersebut mendorong perusahaan untuk meningkatkan produk dengan mengelola hubungan dengan pelanggan secara teratur. Terlebih pada saat ini pelanggan bukan hanya melakukan transaksional biasa tetapi juga menginginkan yang lebih dari sebuah transaksi seperti pelayanan yang baik. Dengan kondisi seperti itu, perusahaan dapat menerapkan Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan kemajuan perusahaan dan mempertahankan perusahaan dari persaingan perusahaan lain. 

Keuntungan Customer Relathionship Management (CRM) yaitu :

1. Meningkatkan nilai perusahaan

Nilai perusahaan yang akan meningkat karena dampak CRM seperti terjadinya peningkatan efisiensi operasional yang akan meminimalisir penurunan kualiatas pelayanan sehingga dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Selain itu, CRM juga dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Dimana dengan CRM perusahaan dapat menjual atau melayani dengan biaya lebih murah dalam pemasaran sehingga lebih spesifik dan terarah. Hal tersebut secara langsung membuat perusahaan mendapatkan pendapatan yang lebih dari sebelumnya.
2. Mempertahankan pelanggan yang ada
Dimana pelanggan yang ada perlu dipertahankan agar tidak berpindah kepada perusahaan lain. Cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada dapat dengan cara berkomunikasi yang baik pada saat proses transaksi maupun diluar proses transaksi. Selain mempertahankan pelanggan, CRM di suatu perusahaan akan terus berusaha mencari, dan meningkatkan pelanggan baru.
3. Membantu dalam mengembangkan produk
Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan maka akan berpengaruh pada proses pengembangan produk. Dimana perusahaan dapat menggali informasi mengenai keinginan pelanggan. Selanjutnya hal tersebut dapat dijadikan bahan dalam mengkaji produk sebelumnya dan dikembangkan agar sesuai keinginan pelanggan. Sehingga meminimalisir terjadinya pelanggan beralih pada perusahaan lain karena merasa produk belum sesuai dengan yang diinginkan. 
Ilmu management adalah keahlian atau teknik untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pengguna sumber daya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam organisasi selalu mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Untuk mencapai tujuannya, di dalam organisasi dilakukan berbagai kegiatan yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Disini mulai terlihat fungsi dari ilmu management. Dalam kehidupan sehari-hari ilmu management sangatlah penting karena jika tidak menggunakan ilmu management maka segala kegiatan akan berantakan dan kesuksesanpun susah tercapai. Contohnya ketika kita ingin menjadi juara 1 di dalam kelas maka kita harus mengatur pola belajar agar tercapainya keinginan tersebut.


https://www.slideshare.net/RimaAnggraini/analisis-penyebab-kegagalan-nokia-dan-sony-ericsson

Komentar