Orientasi
Pasar yaitu didasarkan pada suatu filosofi bahwa suatu
penjualan tidak tergantung pada penjualan yang agresif, tetapi lebih pada
keputusan konsumen untuk membeli produk.Orientasi pasar lebih diarahkan untuk
memahami pesaing, fokus pada konsumen, koordinasi antar fungsi dalam rangka
memberikan nilai yang terbaik. Contoh :
- Perusahaan yang memakai orientasi pasar yaitu perusahaan Nike dan Adidas kedua perusahaan peralatan olahrga tersebut bersaing satu sama lain dengan berusaha membuat produk yang memiliki kualitas yang baik, dilihat dari penampakannya, keawetan dan kenyamanan saat pemakaian. Konsumen biasanya membeli kedua produk tersebut juga karena alas an kualitas produk yang sudah terjamin, walaupun harganya mahal.
- Perusahaan
yang tidak memakai orientasi pasar yaitu perusahaan Nokia karena nokia
kurang memperhatikan pesaing dan kurangnya inovasi-inovasi dalam
mengembangkan produk baru sehingga produk nokia mulai tertinggal oleh
Apple dan Samsung yang semakin canggih.
Customer
Relationship Management (CRM) adalah suatu jenis management yang
secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan
dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para
pelanggannya. CRM cukup berperan besar
dalam mengembangkan perusahaan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan itu
sendiri, karena di era sekarang ini terjadi persaingan yang sangat ketat
antara perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Persaingan tersebut
mendorong perusahaan untuk meningkatkan produk dengan mengelola hubungan dengan
pelanggan secara teratur. Terlebih pada saat ini pelanggan bukan hanya
melakukan transaksional biasa tetapi juga menginginkan yang lebih dari sebuah
transaksi seperti pelayanan yang baik. Dengan kondisi seperti itu, perusahaan
dapat menerapkan Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan
kemajuan perusahaan dan mempertahankan perusahaan dari persaingan perusahaan
lain.
Keuntungan Customer Relathionship Management (CRM) yaitu :
1. Meningkatkan nilai perusahaan
Nilai perusahaan yang akan meningkat
karena dampak CRM seperti terjadinya peningkatan efisiensi operasional yang
akan meminimalisir penurunan kualiatas pelayanan sehingga dapat meningkatkan
pelayanan yang lebih baik. Selain itu, CRM juga dapat meminimalisir biaya yang
dikeluarkan. Dimana dengan CRM perusahaan dapat menjual atau melayani dengan
biaya lebih murah dalam pemasaran sehingga lebih spesifik dan terarah. Hal
tersebut secara langsung membuat perusahaan mendapatkan pendapatan yang lebih
dari sebelumnya.
2. Mempertahankan pelanggan yang ada
Dimana pelanggan yang ada perlu
dipertahankan agar tidak berpindah kepada perusahaan lain. Cara mempertahankan
pelanggan yang sudah ada dapat dengan cara berkomunikasi yang baik pada saat
proses transaksi maupun diluar proses transaksi. Selain mempertahankan
pelanggan, CRM di suatu perusahaan akan terus berusaha mencari, dan
meningkatkan pelanggan baru.
3. Membantu dalam mengembangkan produk
Dengan menjaga hubungan baik dengan
pelanggan maka akan berpengaruh pada proses pengembangan produk. Dimana
perusahaan dapat menggali informasi mengenai keinginan pelanggan. Selanjutnya
hal tersebut dapat dijadikan bahan dalam mengkaji produk sebelumnya dan
dikembangkan agar sesuai keinginan pelanggan. Sehingga meminimalisir terjadinya
pelanggan beralih pada perusahaan lain karena merasa produk belum sesuai dengan
yang diinginkan.
Ilmu management adalah keahlian
atau teknik untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pengguna sumber daya
secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam organisasi selalu
mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Untuk mencapai tujuannya, di dalam
organisasi dilakukan berbagai kegiatan yang saling terkait antara satu dengan
lainnya. Disini mulai terlihat fungsi dari ilmu management. Dalam kehidupan
sehari-hari ilmu management sangatlah penting karena jika tidak
menggunakan ilmu management maka segala kegiatan akan berantakan dan
kesuksesanpun susah tercapai. Contohnya ketika kita ingin menjadi juara 1 di
dalam kelas maka kita harus mengatur pola belajar agar tercapainya keinginan
tersebut.
https://www.slideshare.net/RimaAnggraini/analisis-penyebab-kegagalan-nokia-dan-sony-ericsson
https://www.slideshare.net/RimaAnggraini/analisis-penyebab-kegagalan-nokia-dan-sony-ericsson
Komentar
Posting Komentar