Badan Usaha


Badan usaha yaitu suatu kesatuan organisasi dan ekonomis yang yang mempunyai tujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan dan memberikan layanan kepada masyarakat. Badan usaha seringkali disamakan dengan perusahaan, namun pada kenyataanya berbeda. Badan usaha adalah lembaga, sedangkan perusahaan adalah tempat dimana badan usaha itu mengelola faktor-faktor produksi, ada beberapa jenis badan usaha di indonesia contohnya perusahaan perseorangan dan koperasi. 

A. Perusahaan Perseorangan

      Yaitu bisnis yang dimiliki dan biasanya dikelola oleh satu orang saja yang bertanggung jawab atas seluruh modal dan usaha bisnis tersebut. Akan tetapi pengusaha cenderung beralih dari perusahaan perseorangan menjadi perusahaan perseroan terbatas (PT), karena disebabkan banyaknya kelebihan pada perusahaan perseroan terbatas (PT), yaitu :


     Perusahaan Perseroan Terbatas (PT)
     Perusahaan Perseorangan

      Harta kekayaan pribadi pemegang saham dipisahkan dari harta perusahaan, jika mengalami kerugian maka hanya akan mengganti kerugian sesuai harta yang disetorkan dalam bentuk kepemilikan saham.


      Harta kekayaan pribadi pemegang saham tidak dapat dipisahkan dari harta kekayaan pribadi. Jika mengalami kerugian maka akan ditanggung sendiri.

      Kelangsungan perusahaan sebagai badan hukun lebih terjamin, sebab tidak tergantung pada beberapa pemilik. Pemilik dapat berganti-ganti


      Perusahaan perseorangan mengalami kesulitan dalam hal kepemimpinan karena seluruh kegiatan usaha dilakukan sendiri.

      Mudah memperoleh tambahan modal untuk memperluas usahanya, misalnya dengan mengeluarkan saham baru

  
      Sumber keuangan perusahaan relative terbatas karena sumber dana hanya bergantung pada satu orang

      Mudah untuk memindahkan hak milik dengan menjual saham kepada orang lain.

      Kurangnya kontinuitas, yaitu usaha perseorangan bubar jika pemilik meninggal. Meski dapat dikelola kembali oleh pengganti, eksekutor atau ahli waris harus menjual terlebih dahulu aset-asetnya

       
      Mudah mendapatkan pinjaman

      Kesulitan mendapatkan pinjaman karena banyak bank yang khawatir bahwa pemilik bisnis jenis ini tidak mampu melunasi pinjaman.







B. Koperasi 
   
      Yaitu gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Terkadang, kelompok usaha perseorangan atau persekutuan sepakat bekerja sama demi kepentingan bersama dengan cara membentuk koperasi. koperasi menggabungkan kebebasan usaha perseorangan dengan kekuatan keuangan yang menjadi ciri khas korporasi. Dapat diketahui koperasi merupakan badan usaha yang paling cocok diterapkan di indonesia , yaitu karena :
  1. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 1 : "Perekonomian disusun sebagi usaha bersama berdasarkan asas-asas kekeluargaan". 
  2. Landasan mental koperasi indonesia adalah setia kawan dan kesadaran berpribadi (rasa harga diri). setia kawan telah ada dalam masyarakat indonesiadan tampak keluar sebagi gotong-royong. 
  3. Landasan idiil koperasi indonesia adalah pancasila. yaitu : Ketuhanan Yang Maha Esa, Perikemanusiaan, Kebangsaan, Kedaulatan Rakyat, dan Keadilan Sosial harus dijadikan dasar serta dilaksanakan dalam kehidupan koperasi, karena sila-sila tersebut memang menjadi sifat dan tujuan koperasi dan selamanya merupakan aspirasi anggota koperasi.
  4. Mengutamakan kepentingan anggota, maksudnya didalam koperasi menitikberatkan untuk kepentingan anggota bukan individu. karena tanpa anggota, koperasi tidak akan berjalan. 
  5. Koperasi memberikan kekuatan produksi yang lebih besar, kekuatan pemasaran yang lebih besar, atau keduanya, bagi anggota.


Pendirian suatu badan hukum perusahaan haruslah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Ada beberapa faktor dalam mempertimbangkan saat akan mendirikan badan usaha , yaitu :

1. Jenis usaha dan lapangan usaha yang akan dilakukan
2. Besar modal yang diperlukan
3. Orang dan lembaga yang akan terlibat dalam usaha
4. Ruang lingkup usaha dan pasar
5. Undang-undang atau peraturan pemerintah yang berlaku
6. Resiko yang akan dihadapi
7. Mekanisme pembagian laba
8. Keahlian sumber daya manusia yang dimiliki.

      

    






Komentar